Langsung ke konten utama

Konsistensi PT Semen Tonasa dalam Menyandang U4 di Kawasan Timur Indonesia


AINUN JARIAH
(Mahasiswa Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)
ainunjariiah12@gmail.com

M. Galang Pratama
Ainun Jariah
KONSISTENSI dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti tetap; tidak berubah-ubah; taat asas; kesesuaian; sejalan. Konsistensi adalah hal yang sangat sulit untuk dijaga. Sebab, ada banyak pengaruh-pengaruh dari lingkungan yang mampu menggoyahkan konsistensi itu sendiri. Namun, dalam hal ini PT. Semen Tonasa berhasil menjaga konsistensinya dalam menghasilkan produk yang unggul dan bermutu. Ini dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan serta penghargaan yang telah didapatkannya sejak tahun 1968.

     PT Semen Tonasa (Persero) adalah penghasil semen terbesar di Kawasan Timur Indonesia. Perusahaan yang berdiri sejak 1968 ini terletak di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 68 kilometer dari kota Makassar. PT Semen Tonasa mempunyai lahan seluas 715 hektare dan empat unit pabrik siap beroperasi kapan saja. Sejak 48 tahun silam, PT Semen Tonasa telah menjadi produsen yang memuaskan konsumen dalam bidang produk, kualitas, pembangunan dan amdal. Maka pantaslah jika perusahaan ini menyandang sebutan U4 yaitu Unggul dalam Produk, Unggul dalam Kualitas, Unggul dalam Pembangunan, dan Unggul dalam AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Unggul dalam Produk

     Produk merupakan salah satu hal yang sangat menentukan keberhasilan sebuah perusahaan. Menurut Kotler dan Amstrong dalam Ni Nyoman Resmi, produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Elwood dalam Ni Nyoman Resmi mengatakan agar mampu bersaing di pasaran, produk yang ditawarkan harus memiliki mutu tinggi. Telah menjadi sangat jelas bahwa produk bermutu tinggi memiliki keunggulan mencolok di pasar, bahwasannya pangsa pasar (market share) dapat meningkat atau hilang karena masalah mutu. Karenanya mutu menjadi prioritas bersaing.

     Pada tahun 1996, perusahaan ini telah mendapatkan pengakuan dari dunia Internasioanal terhadap sistem manajemen mutunya, baik terhadap pangadaan bahan baku, proses hingga produk akhirnya. Sejak berdirinya perusahaan ini berbagai penghargaan telah disandang, mulai dari keberhasilannya meraih empat Medali Emas dan tiga Medali Perak untuk GKM dan SS pada Konvensi Mutu Nasional di Makassar dan Balikpapan pada tanggal 21 November 2013, penghargaan sebagai Master Brand yang keempat kalinya berturut-turut kategori semen dari media Makassar Terkini dan Makassar Research pada 14 Maret 2014.

    Selain itu, datang pula penghargaan GOLD AWARD kategori tertinggi dalam ajang International Convention On Cirle (ICQCC) di Colombo-Srilangka pada tanggal 13 Oktober 2014, dan pada 28 Desember 2014 di Balai Kartini Jakarta PT. Semen Tonasa berhasil mengantongi sembilan penghargaan dalam ajang ICA (Indonesia CSR Award) dari Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan bekerjasama dengan CFCD (Corporate Forum For Community Development) dan masih banyak lagi prestasi lain yang telah diraihnya. Semua prestasi yang telah ditorehkannya tidak lepas dari kepercayaan masyarakat terhadap konsistensi perusahaan dalam menghasilkan produk yang bermutu.

Unggul dalam Kualitas

    Banyak tidaknya konsumen produk sebuah perusahaan dipengaruhi oleh kualitas produk tersebut. Menurut Crosby dalam Ni Nyoman Resmi mengatakan kualitas adalah conformance to requirement, yaitu sesuai yang distandarkan. Suatu produk memiliki kualitas apabila sesuai dengan standar kualitas yang telah ditentukan. Standar kualitas meliputi bahan baku, proses produksi, dan barang jadi.

    Untuk mendapatkan kepercayaan dari para konsumen, perusahaan harus menghasilkan produk dengan kualitas unggul seperti semen yang dihasilkan oleh PT. Semen Tonasa. Perusahaan ini berhasil membuat Semen Portland Tipe I (OPC) dengan kekuatan tekanan yang tinggi sehingga memenuhi persyaratan SNI 15-2049-2004. Selain itu ada juga Semen Portland Komposit yang juga telah memenuhi persyaratan SNI 15-7064-2004 yang diperuntukkan untuk kontruksi beton umum, pasangan batu bata, pelesteran dan acian, selokan, jalan, pagar dinding, pembuatan elemen bangunan khusus seperti beton pra cetak, beton pra tekan, panel beton, bata beton (paving block) dan sebagainya. 

   Keberadaan PT. Semen Tonasa dengan kualitas yang tinggi sangat membantu dalam peningkatan pembanguan. Tidak hanya di Indonesia, PT. Semen Tonasa juga mampu memperluas distribusi penjualannya sampai ke berbagai negara. Seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, Bangladesh, Timor Timur, dan Afrika Selatan. Sehingga keunggulan PT. Semen Tonasa tidak dapat diragukan lagi terutama dalam bidang mutu dan kualitasnya. 

     Belakangan ini ada banyak perusahaan semen yang mulai masuk ke dalam peredaran pasar. Untuk mempertahankan keunggulannya di pasaran, PT. Semen Tonasa sebaiknya memiliki strategi untuk terus meningkatkan kualitas produk. Dalam hal ini ada beberapa strategi yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Melalui kegiatan product research and development (Penelitian dan pengembangan produk). Penelitian dan pengembangan produk merupakan kegiatan sangat penting untuk dilakukan. Penelitian dan pengembangan produk ini berguna untuk terus meningkatkan mutu produk sehingga mampu meminimalisir kekurangan, menciptakan produk baru dan memodifikasi produk lama untuk memenuhi tuntutan pasar dan selera konsumen.
  2. Pendekatan Total Quality Management (TQM). Setelah masuknya Masyarakat Ekonomy Asean (MEA) di Indonesia, persaingan menjadi semakin tajam. Perusahaan harus bersaing dengan pesaing yang datang dari berbagai negara. Total Quality Management merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi.
  3. Pemilihan Atribut produk. Atribut dalam hal ini berupa ukuran, kemasan atau pembungkus, bentuk dan label. Penampilan yang menarik dari sebuah produk akan memberikan perspektif positif bagi para konsumen sehingga dapat meningkatkan minat konsumen.

    Saat ini pembangunan infrastruktur yang berkualitas sangat perlu dilakukan, selain untuk meningkatkan daya saing perindustrian, pembangunan ini juga sangat penting dalam rangka menghadapi persaingan MEA yang telah masuk di Indonesia. Jangan sampai kita hanya menjadi boneka melihat masyarakat asing mengendalikan perindustrian di negara ini. Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla menginginkan agar Indonesia mampu bersaing dengan membangun infrastruktur sebanyak-banyaknya. Tidak tanggung-tanggung, dana yang digelontorkan dalam bidang konstruksi adalah Rp 300 triliun-Rp 400 triliun per tahunnya. Pembangunan ini tentu saja akan membutuhkan banyak semen yang unggul dalam kualitas.

Unggul dalam Pembangunan

   PT. Semen Tonasa secara terus-menerus mampu membuktikan eksistensinya dalam melakukan pembangunan dan pengembangan prasarana dan sarana untuk masyarakat di sekitar pabrik serta kegiatan pelestarian lingkungan. Ada banyak pembangunan yang telah dilakukan oleh perusahaan ini. 

     Seperti saat ini telah berdiri Sekolah Yayasan Kesejahteraan Semen Tonasa (YKST) TK, SD, SMP dan SMA Tonasa di Pangkep. Selain itu berdiri pula unit usaha Yayasan Kesejahteraan Semen Tonasa yaitu usaha sewa kendaraan yang sudah dimulai sejak 1 Januari 2013 untuk melayani kebutuhan kendaraan dari PT Semen Tonasa sebesar 63 unit. Selain itu ada juga sarana olahraga yang dikelola langsung YKST, seperti renang dan cabang olahraga lainnya yang diberikan dana pembinaan. Apotek YKST yaitu usaha “Tonasa Farma” yang didirikan pada Maret 2009 ditujukan untuk melayani Karyawan Semen Tonasa khususnya dan masyarakat pada umumnya. 

   Kehadiran PT. Semen Tonasa dalam pembangunan tidak hanya dapat dirasakan oleh masyarakat menengah ke atas tapi juga dapat menjangkau ekonomi masyarakat menengah ke bawah. Semua dapat dilihat pada kegiatan rutin bedah rumah yang telah dilakukan perseroan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Tonasa di daerah Pangkep. 

Unggul dalam AMDAL

   Konsistensi PT. Semen Tonasa dalam menghasilkan produk unggul tidak lepas dari kemampuan pihak perusahaan dalam mengendalikan limbah tambang yang tidak menutup kemungkinan akan memberi dampak negatif bagi masyarakat, lingkungan dan perseroan sendiri. Namun, PT. Semen Tonasa mampu mengatasi semua ancaman yang bisa datang kapan saja dengan pertimbangan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Berbagai Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) telah dilakukan. 

     Dalam hal Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL), ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh perseroan seperti melaksanakan kegiatan konservasi lahan bekas tambang dengan penanaman pohon dan penanaman bakau di daerah pantai. Hal itu dilakukan agar mampu meminimalisir keberadaan logam berat. Kegiatan UPL-UKL dilakukan langsung oleh ahlinya yaitu dari pusat penelitian dan pengembanganan lingkungan hidup (Puslitbang) Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar. 

     Dari hasil pengujian IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah) ke laut PLTU Biringkassi menuju laut, sampel masih menunjukkan berada di ambang batas yang diizinkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Ini artinya masih aman, karena selain itu juga sesuai dengan aturan tentang AMDAL yaitu Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2012 pengganti PP No. 27 Tahun 1999. Konsisten menjadi perusahaan yang ramah lingkungan membuat PT. Semen Tonasa pantas menyandang penghargaan Green Industry. Ini dibuktikan dari keberhasilannya mendapat pengakuan dari PT. Sucofindo ICS terkait sistem manajemen lingkungannya. 


----- 
Referensi

Arif Fuddin Usman. Tonasa Tangkap Logam Berat (2014). (http://makassar.tribunnews.com/2014/12/15/tonasa-tangkap-logam-berat) diakses tanggal 23 Oktober 2016 Pukul 14.00 Wita.

Tim Redaksi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) untuk Pelajar. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2011.

Resmi, Ni Nyoman. “Strategi Meningkatkan Kualitas Produk untuk Menang dalam Kompetisi” WIDYATECH Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 10 No. 3 (3 April 2011).

www.ilmuhutan.com

www.sementonasa.co.id




*Tulisan ini diikutkan dalam Lomba Tonasa Journalist Awards V Tahun 2016 untuk kategori Karya Tulis Populer Mahasiswa (KTM). 


Biodata Ringkas

AINUN JARIAH
ainunjariiah12@gmail.com
JL. HM Yasin Limpo, Samata, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan 
0823 1097 9519 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PR Bagi Petugas Pelayanan Rumah Sakit Oleh: Ainun Jariah

ADA BANYAK pasien pengguna jasa Rumah Sakit (RS) sebelum datang ke RS tertentu akan mencari tahu bagaimana pelayanannya. Baik dari pihak yang memiliki pengalaman di RS maupun dari berita-berita yang beredar di sekitarnya.

Masyarakat enggan datang ke Rumah Sakit X jika tahu kondisi pelayanan dari RS tersebut kurang baik atau jika tahu fasilitasnya kurang memadai. Jika pasien yang memiliki tingkat ekonomi tinggi mungkin akan mencari RS swasta, dengan kata lain RS berkualitas meski harus mengeluarkan uang berlebih. Namun bagaimana dengan pasien tingkat ekonomi rendah?

Mungkin satu satunya yang pemerintah sarankan yaitu penggunaan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang kini dikelola oleh BPJS Kesehatan. Akan tetapi, layanan BPJS Kesehatan dirasakan oleh beberapa pihak masih memiliki kekurangan.

Baca juga: Mendidik Anak Sejak dalam Rumah

Tindakan Petugas
Bukan rahasia lagi, terkadang di sebuah RS ada petugas pelayanan berbuat teledor saat melakukan tindakan. Keteledoran petugas ini bahkan tida…

Puisi-puisi bahasa Makassar dari kelas IV MI Anassappu Bontonompo

Momen yang sangat berharga untuk saya di tanggal 5 Mei 2018. Tulisan di atas mungkin bagi kita hanya tulisan biasa yang menyerupai cakar ayam. Namun, tahukah kalian jika tulisan-tulisan ini memiliki arti yang mendalam bagi yang dapat memahami bahasa Makassar.
.
Hari ini saya memberikan pelajaran Muatan Lokal kepada siswa-siswi saya di MI Anassappu Bontonompo. Pelajaran muatan lokalnya yaitu Bahasa Daerah. Demi mengembangkan imajinasi dan tetap mempertahankan budaya lokal, saya memberikan tugas membuat puisi kepada siswa saya menggunakan bahasa daerah Makassar.
Tidak saya sangka, beberapa puisi mereka membuat saya meleleh dan menitikkan air mata.
. -Fitriyana
Menuliskan tentang kesyukurannya terhadap uang jajan yang diberikan oleh ayahnya. Sedikit banyaknya tidak jadi masalah baginya. Asalkan dia dan adiknya punya uang jajan yang akan dia bawa ke sekolah. .
-Ahriani
Puisi I
Ia menceritakan kebiasaannya sebelum ke sekolah yang selalu membantu ayahnya mengurus sapi. Barulah pada jam 06.3…

Sebuah Perjalanan Mencintai Buku

17 Mei 2019

Jadi kemarin itu adalah hari buku yaaa? Di beranda media maya banyak yang berfoto dengan buku.
Tak mau ketinggalan, saya pun ingin menceritakan awal mula saya suka buku.

Saya kurang ingat kapan persisnya, tapi yang saya ingat baik. Sudah sejak SD kakek saya selalu menyuruh saya membacakan buku untuknya. Mulai dari kisah Bilal sahabat Nabi yang sangat teguh dalam mempertahankan aqidahnya. Bilal yang disiksa dengan sangat ganas oleh majikannya karena memilih untuk memeluk Islam.

Berat batu yang menindih tubuhnya tidak menggoyahkan sedikit pun lidahnya untuk tetap mengucapkan kata "ahad".  Buku yang berhasil membuat mataku basah waktu itu.

Selain buku tentang kisah Bilal, yang paling berkesan dan sangat suka saya baca adalah kisah 25 Nabi dan Rasul, kumpulan cerita Wali Songo, dan tidak lupa, dulu ada buku dongeng yang selalu saya tunggu-tunggu untuk dipinjamkan oleh teman adalah buku dongeng hadiah dari @dancow .

Maklum waktu itu saya belum minum susu Dancow dan pa…