Langsung ke konten utama

Mengelola Manusia dengan Taktik Jitu Oleh Ainun Jariah


[RESENSI BUKU] Manajemen Sumber Daya Manusia karya Prof. Dr. H. Edy Sutrisno, M.Si.
Judul Buku      : Manajemen Sumber Daya Manusia
Pengarang       : PROF. DR. H. EDY SUTRISNO, M.Si.
Penerbit           : PRENADAMEDIA  GROUP
Tempat Terbit : Jakarta
Tahun Terbit    :  2009 (Edisi Pertama)
Tebal               : 244 halaman
Mengelola Manusia dengan Taktik Jitu
Oleh Ainun Jariah
“Manajemen sumber daya manusia mempunyai tugas untuk mengelola unsur manusia secara baik agar diperoleh tenaga kerja yang puas akan pekerjaannya. Sumber daya manusia yang mampu menciptakan bukan hanya nilai komparatif tetapi juga nilai kompetitif, generatif, inovatif dengan menggunakan energi tertinggi, seperti inteligence, creativity, dan imagination; tidak lagi semata-mata menggunakan energi kasar, seperti bahan mentah, lahan, mesin, tenaga, tnaga otot, dan sebagainya.” (hlm. 16)
Buku ini mengupas habis tentang bagaimana cara pengelolaan manajemen sumber daya manusia (MSDM) dalam organisasi perusahaan. Di bab pertama buku ini dijelaskan mengenai pentingnya manajemen terhadap sumber daya manusia di dalam sebuah organisasi.
Pentingnya menerapkan MSDM organisasi saat ini sebab di era persaingan globalisasi manusia dituntut untuk belajar dan berkerja keras sehingga sumber daya manusia mampu dengan cepat, adaptif dan responsif terhadap perubahan-perubahan teknologi.
Edy Sutrisno, penulis buku ini merupakan guru besar dalam bidang manajemen publik sehingga pantas jika ia begitu lihai mengumpulkan bahan-bahan yang mendukung agar buku MSDM ini dapat menjadi referensi bagi seluruh kalangan, terutama perusahaan untuk meningkatkan kualitas SDMnya. Di dalam buku ini, penulis menitikberatkan pada pentingnya sebuah MSDM diterapkan. Penulis bahkan merangkainya dengan berbagai teori terkait sumber daya manusia. Seperti yang ada di halaman muka Bab 2:
 “Jeffer Pfeffer (1994), berargumentasi bahwa sumber daya manusia merupakan sumber keunggulan daya saing yang mampu menghadapi berbagai tantangan.” (hlm. 19)
Buku MSDM ini juga membahas langkah-langkah untuk memanajemen sumber daya manusia di antaranya dengan melakukan perencanaan, rekruitmen dan seleksi, pengembangan dan pengelolaan SDM. Perencanaan yang dimaksudkan yaitu untuk mendapatkan sumber daya manusia yang akan menduduki berbagai posisi, jabatan dan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan agar perusahaan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh pihak individu maupun organisasi perusahaan.
Bagi individu untuk membantu peningkatan kompetensi dan pengembangan karier. Sedangkan bagi organisasi untuk mendapatkan calon pekerja yang memenuhi kualifikasi. Di mana dalam perencanaan memiliki fatktor yang perlu dipertimbangkan yaitu faktor internal yang meliputi rencana strategis organisasi, anggaran, estimasi produksi, perluasan usaha dan tugas-tugas pekerjaan perusahaan sedangkan faktor eksternal yaitu situasi ekonomi, social budaya, politik, peraturan perundang-undangan, teknologi dan pesaing.
Setelah perencanaan, menurut penulis langkah kedua yang harus dilakukan adalah melakukan rekruitmen dan seleksi. Langkah ini merupakan upaya untuk mencari, menemukan dan menarik orang untuk dijadikan pekerja. Selanjutnya penulis buku menjelaskan pentingnya pengembangan SDM. Di mana pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas profesionalisme dan keterampilan para pekerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal, sehingga terlaksana tugas-tugas secara efisien, efektif dan produktif. Adapun sasarannya adalah untuk meningkatkan produktivitas, mutu kerja, moral kerja, kesehatan dan keselamatan kerja, dan kualitas pribadi pekerja.
Buku ini memaparkan hal-hal yang sangat urgen untuk diwujudkan dalam pengelolaan sumber daya manusia di antaranya meliputi kepuasan kerja, kedisiplinan, produktivitas, motivasi, prestasi kerja, pengembangan karier dan kompensasi.
Buku yang telah memasuki cetakan ke-8 ini di akhir babnya ditutup dengan pembahasan leadership atau kepemimpinan. Sebab kunci keberhasilan suatu organisasi dilihat dari kepemimpinannya. Kepemimpinan diartikan sebagai kemampuan atau seni  untuk mempengaruhi orang lain agar bersedia untuk mengerahkan segala kemampuannya yang terbaik agar tercapai tujuan organisasi/perusahaan.
“Bawahan dipengaruhi sedemikian rupa sehingga bisa memberikan pengabdian dan partisipasinya kepada organisasi secara efektif dan efisien. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa sukses tidaknya usaha pencapaian tujuan organisasi, ditentukan oleh kualitas kepemimpinan. ....bawahan dalam memenuhi kebutuhannya tergantung pada keterampilan dan kemampuan pemimpin.” (hlm. 236)
Kelebihan
Kelebihan dari buku ini adalah di setiap akhir babnya disediakan kesimpulan yang berupa poin-poin penting dari isi setiap pembahasan.
Urutan pembahasan materi yang dipaparkan sangat sistematis yaitu dimulai dari latar belakang alasan materi tersebut penting, lalu diuraikan pengertian, pembahasan dan langkah-langkah perwujudannya dan diakhiri dengan kesimpulan. Dengan demikian, pembaca mendapatkan intisari dari setiap bab yang dibacanya secara mudah.
Selain itu, banyak teori-teori dari tokoh di bidang MSDM yang penulis masukkan sehingga memperkuat materi yang disajikan.
Saran
Buku MSDM karya Edy Sutrisno ini sebaiknya diberikan contoh-contoh kongkrit mengenai keberhasilan perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan langkah-langkah seperti yang telah dibahas dalam setiap bab pembahasan. Sehingga itu yang akan membuat pembaca lebih mudah percaya dan yakin oleh buku ini. Seperti yang dituliskan oleh Wendell L French dalam bukunya Human Resources Management yang banyak memberikan contoh praktik, sehingga pembahasan yang kemudian bisa didapat akan terasa lebih hidup dan nyata. Selain itu, buku ini belum dilengkapi dengan kamus istilah. Sehingga pembaca sedikit kebingungan ketika membaca setiap kata-kata asing yang tercetak miring.
Namun, buku ini setidaknya sudah sukses dalam memberikan isi pembahasan terkait manajemen sumber daya manusia. Sehingga siapa pun yang bergelut dalam dunia keorganisasian baik organisasi di lingkup kecil seperti yang ada di dalam kampus, atau organisasi yang lebih besar seperti perusahaan, patut membaca buku ini, sebagai referensi yang kaya akan taktik-taktik dalam mengelola manusia.

Hasil gambar untuk gambar buku manajemen sumber daya manusia karya pak edy
sumber gambar: Buka lapak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsistensi PT Semen Tonasa dalam Menyandang U4 di Kawasan Timur Indonesia

AINUN JARIAH
(Mahasiswa Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar) ainunjariiah12@gmail.com
KONSISTENSI dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti tetap; tidak berubah-ubah; taat asas; kesesuaian; sejalan. Konsistensi adalah hal yang sangat sulit untuk dijaga. Sebab, ada banyak pengaruh-pengaruh dari lingkungan yang mampu menggoyahkan konsistensi itu sendiri. Namun, dalam hal ini PT. Semen Tonasa berhasil menjaga konsistensinya dalam menghasilkan produk yang unggul dan bermutu. Ini dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan serta penghargaan yang telah didapatkannya sejak tahun 1968.
     PT Semen Tonasa (Persero) adalah penghasil semen terbesar di Kawasan Timur Indonesia. Perusahaan yang berdiri sejak 1968 ini terletak di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 68 kilometer dari kota Makassar. PT Semen Tonasa mempunyai lahan seluas 715 hektare dan empat unit pabrik siap beroperasi kapan saja. Sejak 48 tahun …

Pernikahan Tidak Harus Mematikan Mimpi

Dulu, sebelum hari itu tiba.  Hari dimana kau mengucapkan kalimat sakral di depan penghulu Ada banyak kekhawatiran-kekhawatiran yang menyerang kita. Keragu-raguan akan masa depan. Tentang rezki, Pendidikan dan cita-cita. Namun seperti kebanyakan orang, di usia memasuki kepala dua, cinta menjadi masalah yang sangat memengaruhi kehidupan seseorang.KIta semua tahu efek dari jatuh cinta sangatlah besar. Keinginan untuk selalu bersama dan rindu yang selalu membandel adalah dua hal yang akan menyerang orang yang sedang jatuh cinta. Dan kita tahu baik bahwa tidak ada obat yang paling mujarab bagi kita yang sedang jatuh cinta namun tetap dalam naungan ridhonya adalah dengan jalan menikah. Seperti apa yang telah dikatakan oleh Nabi SAW.  Dari Ibnu Abbas ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kami belum pernah melihat (obat yang mujarab bagi ) dua orang yang saling mencintai sebagaimana sebuah pernikahan." (H.R. Ibnu Majah) Kita yang kala itu mengingink…

Cerpen Kisah Kita Terbatas by Ainun Jariah

Namaku Ainiy. Lengkapnya Zahratul Ainiy. Aku adalah mahasiswi baru di Universitas Islam Negeri Makassar. Aku lulus di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Biologi. Aku sangat bersyukur saat dinyatakan lulus di jurusan ini. Jurusan yang aku impikan dari dulu.

"Alhamdulillah benar pesan ustadz Rasyid. Allah itu maha pemberi rezeki dan telah mengatur semua rezeki hambanya, selanjutnya tergantung kita mau menjemputnya atau tidak. Menjemputnya tentu saja dengan berusaha. Semut saja Allah perhatikan apalagi kita, lihat tuh semut di atas batu itu, dia mendapatkan rezeki karena dia berusaha mencari," Fahimah menunjuk semut-semut yang berjejer membawa makanan di atas sebuah batu besar di sampingku.

Aku bersyukur Allah mengirimkan sahabat sebaik Fahimah kepadaku. Gadis cantik dan soleha. Anak dari salah seorang petinggi di pesantren. Anak ustadz Rasyid. Meskipun begitu dia tidak pernah sombong. Bukan hanya Fahimah, Ummi Aisyah dan uztadz Rasyid, orangtua Fahimah juga ta…